Polisi Kawal Ketat Pendaftaran Bakal Paslon Pilkada 2024 di KPU Kota Balikpapan

BALIKPAPAN, Kapolresta Balikpapan, KBP Anton Firmanto tampak turun langsung memimpin pengamanan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) di Kantor KPU Kota Balikpapan, Kamis (29/8/2024).

Kapolresta Balikpapan, KBP Anton Firmanto melalui Kabagops Polresta Balikpapan, Kompol Djoko Purwanto mengatakan pada tahapan pendaftaran paslon ini, Polresta Balikpapan mengerahkan 180 personel untuk melaksanakan pengamanan di kantor KPU Kota Balikpapan.

“Jadi total untuk pengamanan pendaftaran bapaslon wali kota dan wakil wali Kota Balikpapan ada sebanyak 180 orang personel, dan juga berkordinasi dengan pihak TNI,” ucapnya.

Dikatakannya, untuk sistem pengamanan dan pengawalan yang dilakukan mulai dari tempat atau lokasi bapaslon bergerak, kemudian di jalan-jalan yang akan dilintasi rombongan bapaslon, hingga tiba di Kantor KPU Kota Balikpapan.

“Kita lakukan pengamanan dan pengawalan secara terbuka maupun secara tertutup, termasuk juga melakukan rekayasa lalu lintasnya,” jelasnya.

Djoko menambahkan, atensi yang dilakukan dalam pengamanan dan pengawalan ini adalah lalu lintas karena cukup besarnya antusias warga dalam mendampingi kedatangan bapaslon ke Kantor KPU Kota Balikpapan.

“Khusus untuk pembatasan pendamping yang masuk area pendaftaran adalah kewenangan KPU, namun kepolisian hanya membantu untuk pengamanan saja,” tutupnya.

Diakuinya, dalam pengamanan ini pihaknya juga menyiapkan alut untuk pengamanan seperti mobil water cannon dan dalmas, hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika kemungkinan terjadi kerusuhan.

Untuk diketahui, diakhir waktu pendaftaran paslon ini, setidak ada 3 pasangan yang sudah mendaftar di KPU Kota Balikpapan yakni Rahmad Masud - Bagus Susetyo, Sa'bani - Syukri Wahid dan Rendy Ismail - Edy Sunardi.

"Alhamdulillah, hingga berakhirnya waktu pendaftaran situasi berjalan aman dan kondusif sesuai harapan kita semua," tutupnya

Posting Komentar

0 Komentar